PPDB Surabaya Online 2012

19 Jun 2012

e2d962535408c7e89a9c7d889086814a_ppdb-surabaya-online-2012PPDB Surabaya Online 2012 diselenggarakan untuk tahun ajaran 2012/2013. Setiap tahun Pemerintah Kota Surabaya dalam hal ini Dinas Pendidikan Kota Surabaya diberi kesempatan untuk melayani Calon Peserta Didik Baru lulusan SD dan SMP berupa program atau sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara online dan real time untuk ke jenjang SMP, SMA dan SMK serta RSBI.

PPDB atau PSB Surabaya Online dengan konsep tanpa kertas (paperless) ini masih dijadikan basis pelayanan dan terus ditingkatkan oleh Dinas Pendidikan Kota Surabaya, dengan harapkan dapat memberikan kemudahan bagi siswa dan para orang tua siswa serta masyarakat umumnya dalam memperoleh informasi dan tentunya untuk melakukan pendaftaran calon siswa ke jenjang yang lebih tinggi yaitu dari SD ke SMP dan tamatan SMP ke SMA atau SMK. Pendaftaran dapat dilakukan di rumah yang memiliki koneksi internet, di sekolah-sekolah negeri yang siap membantu, atau di semua lokasi yang memiliki akses internet dan dimana saja sesuai dengan jangka waktu yang ditentukan.

Dengan adanya program atau sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) ini tak jarang masih sering membuat para orang tua siswa merasa resah memikirkan putra-putrinya untuk mendaftarkan ke jenjang sekolah yang lebih tinggi dan menghendaki putra-putrinya dapat diterima di sekolah negeri padahal jika dibandingkan antara jumlah tamatan sekolah dasar dengan pagu SMP Negeri atau jumlah tamatan Sekolah menengah pertama dengan pagu SMA atau SMK Negeri tidaklah sebanding sehingga calon peserta didik harus bersaing secara ketat.

Persaingan untuk masuk sekolah negeri di Surabaya sangatlah kompetitif dan salah satu jalan keluarnya adalah PPDB Surabaya Online guna memberikan pelayanan kepada masyarakat melalui sistem yang transparan, adil dan tidak diskriminatif, serta dapat dipertanggung jawabkan. Melalui PPDB Surabaya Online 2012 ini, siapa saja dapat memantau perkembangan penerimaan peserta didik baru setiap saat sehingga pada akhirnya yang betul-betul berhaklah yang dapat diterima di sekolah negeri, tanpa memprioritaskan golongan tertentu.

Yang perlu diperhatikan dalam PPDB tahun pelajaran 2012/2013 ini antara lain :

  1. Seleksi akademis menggunakan nilai Ujian Nasional (UN)
  2. Calon Peserta Didik tamatan sekolah di Surabaya tetapi bukan warga Kota Surabaya (untuk selanjutnya disebut Rekomendasi Dalam Kota), diberi kesempatan untuk sekolah di Surabaya dengan pagu 1 % baik dari pagu kota maupun pagu sekolah.
  3. Calon Peserta Didik tamatan sekolah Luar Kota tetapi warga Kota Surabaya (untuk selanjutnya disebut Mutasi) tidak dikenakan pagu 1 %.

sumber: PPDB Surabaya 2012


TAGS PPDB Surabaya Online 2012 SD Daftar SMP Daftar SMA RSBI Nilai UN Hasil Ujian Nasional


-

Author

Follow Me